Alasan ilmiah kenapa ketika dingin manusia ingin kencing

Alasan ilmiah kenapa ketika dingin manusia ingin kencing,- Terkadang, ketika udara atau suhu dingin menerpa, manusia akan dihadapkan keingininan untuk melepas hasrat biologisnya yaitu buang air atau kencing. Ada alasan secara ilmiah kenapa hal tersebut terjadi.

Menurut penjelasan dari sisi medis, keinginan untuk buang air kecil ketika dingin disebut juda dengan cold diuresis. Dalam penjelasan para pakar medis tersebut, ketika dingin, tubuh manusia akan merespon dengan cepat.

Pembuluh darah terutama di ujung jari tangan dan kaki akan menyempit karena sesuatu yang disebut juga dengan istilah vasoconstriction. Untuk mempertahankan suhu tetap hangat, maka tubuh manusia akan menjaga tekanan dan suhunya tetap berada pada level standar.

Ketika volume darah di suatu tempat lebih tinggi daripada tempat lain, maka secara alami untuk menyeimbangkannya, ginjal akan mengeluarkan cairan dari dalam tubuh dan menyalurkannya ke kandung kemih. Ketika kandung kemih sudah penuh akan ‘muatan,’ maka yang terjadi adalah keinginan untuk membuang air kecil.

Penjelasan di atas adalah gambaran sederhana kenapa manusia ingin buang air kecil ketika dingin. Namun, secara ilmiah dengan penjelasan sedikit rumit, di dalam tubuh ada protein yang dinamakan aquaporins.

Fungsi dari aquaporins adalah membentuk saluran antara bagian dalam dan luar sel di dalam tubuh untuk masuknya air secara teratur dan cepat.

Ketika tubuh menerima terpaan suhu yang dingin atau juga ketika di bawah pengaruh minuman keras, aliran di saluran tersebut menjadi sedikit terhambat untuk mengalir ke seluruh bagian tubuh lainnya, seperti ke otak atau ke ginjal.

Ketika water tidak mengaliri saluran di dalam dan luar sel tersebut, maka volume darah di dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang. Dikarenakan tidak seimbang maka ginjal akan memompa air dan mengalirkannya untuk diarahkan ke kandung kemih.

Posted by : obatkistabartholin.idkes.com

Be the first to comment on "Alasan ilmiah kenapa ketika dingin manusia ingin kencing"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*