Benjolan pada payudara belum tentu kanker

Benjolan pada payudara belum tentu kanker,- ketika menjalani pemeriksaan dan menemukan benjolan pada payudara, anda tentu waspada akan kemungkinan kanker payudara. Namun menurut  para ahli dari Mayo clinic, tidak semua benjolan pada payudara berbahaya dan bersifat kanker. Lantas bagaiamana membedakan apakah benjolan pada payudara bersifat kanker atau tidak? berikut ini

Benjolan jinak pada payudara

Menurut para ahli dari americanancer society, benjolan jinak pada bagian payudara yang tidak bersifat kanker biasanya di sebabkan oleh perubahan fibrocystic. Dua jenis benjolan payudara biasanya adalah cysts (kista) dan fibroadenomas. Cysts adalah sejenis kantung berisi cairan dalam payudara yang bisa bersifat lembut atau keras. Sementara fibroadenomas adalah benjolan padat yang biasa ditemukan pada remaja di usia 20-an, namun bisa juga terjadi di semua usia. Benjolan ini bergerak dan bersifat elsstis di bagian bawah kulit.

Para ahli dari university of maryland medical center berpendapat bahwa benjolan jinak pada payudara bisa jadi adalah saluran susu yang tersumbat, luka pada payudara lipoma (kumpulan jaringan lemak), dan intraductal papilioma yang merupakan pertumbuhan jaringan dalam saluran susu.

Jaringan pada payudara normal

Jaringan pada payudara tidak terlalu konsisten. Sewaktu-waktu, jaringan tersebut bergelombang atau halus sesuai dnegan bagian pada payudara. Keadaan payudara juga di pengaruhi siklus mentruasi bulanan. Pihak mayo clinic menambahkan bahwa semakin tua, maka jaringan payudara biasanya menjadi semakin kendur.

Kanker payudara

Tidak semua kanker payudara ditandai dengan benjolan. Beberapa kasus kanker payudara bahkan tidak ditemukan benjolan saat pemeriksaan. Kondisi kulit pada bagian payudara biasanya terjadi pembengkakan yang berwarna merah, hangat jika di sentuh. dan timbul bintik-bintik yang berwarna orange. Meskipun tidak menunjukan adanya benjolan, pihak National Comprehensive Cancer Network menyebutkan bahwa kanker tetap bisa melalui mammogram. Namun jika benjolan ditemukan, biasanya operasi lumpektomi akan dilakukan untuk memotong benjolan pada payudara yang bersifat kanker tersebut.

Posted by :  obatkistabartholin.idkes.com

Be the first to comment on "Benjolan pada payudara belum tentu kanker"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*